Ramadhan Kareem 1445H


Surabaya, 28 Maret 2024 

Bukber, singkatan dari buka bersama, adalah tradisi masyarakat Indonesia yang dilakukan ketika bulan Ramadan tiba. Ini adalah momen berharga di mana umat Muslim bersama-sama menikmati makanan dan minuman setelah seharian berpuasa. Salah satu tradisi yang dinanti-nantikan adalah buka puasa bersama. Lebih dari sekadar mengenyangkan perut, buka puasa bersama memiliki makna dan nilai-nilai luhur. Kebersamaan dalam menyantap hidangan mencerminkan rasa kedekatan dan mempererat silaturahmi antar keluarga, teman, dan kolega.

Acara buka puasa bersama (bukber) sudah menjadi bagian dari bulan suci Ramadan di negeri ini. Bukber merupakan agenda rutin yang diadakan oleh ragam kelompok, keluarga besar, atas nama alumni, kawanan yang lama tak bertemu, bahkan civitas akademika perguruan tinggi. Bukber tidak sekadar makan bersama, namun juga dijadikan sebagai momen silaturahmi dan lainnya. Ada yang bertanya-tanya hukum buka puasa bersama menurut Islam. Sebab ada beberapa pihak yang menyebut bahwa buka puasa bersama dapat mengurangi pahala berpuasa.

Sahabat Nabi Muhammad SAW pernah menyebut kalau Rasululllah SAW tidak pernah makan sendirian. Nabi Muhammad SAW juga pernah bersabda bahwa sebaik-baiknya makanan adalah yang dimakan dengan banyak tangan. Anjuran Nabi Muhammad SAW bahwa makan bersama-sama itu banyak berkahnya yang meliputi rasa kebersamaan dan menjadi silaturahmi.

Buka puasa bersama (bukber) menjadi salah satu kegiatan yang dinantikan umat Muslim di Indonesia, tak terkecuali pelajar. Bukber adalah kegiatan yang berfungsi mempererat silaturahmi sekaligus ajang reuni teman sekolah. Keseruan bukber tak jarang membuat orang lupa menunaikan kewajiban salat Magrib. 
Ramadhan adalah bulan penuh kebahagiaan. Allah memberikan nikmat bagi umat-Nya untuk merasakan kebahagiaan saat berbuka puasa dan kebahagiaan saat menjalankan ibadah. Bukber seharusnya tidak hanya menjadi media untuk kebahagiaan duniawi (buka bersama), tapi juga kebahagiaan rohani (salat Magrib).

Buka Puasa Bersama Mahasiswa Jurusan D-IV Analis Kesehatan tidak hanya sekadar makan bersama, namun juga dijadikan sebagai penanaman karakter siswa dengan saling memberi dalam Berbagi Takjil.

Fathimah Az-Zahra 2240023018

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Unusa dalam implementasi merdeka belajar kampus merdeka

Artikel Review Dosen Unusa Inisiasi Pembentukan Bank Sampah: Bentuk Upaya SDGs